OPINI " What Do You Think About "Hate Speech" ? "



What Do You Think About "Hate Speech" ?

Assalamu'alaykum, 
Hay guys, di sini aku mau beropini tentang "Hate Speech". I hope we can learn together.

    Hate speech di zaman sekarang ini udah banyak banget di dunia medsos. Dan sedihnya, kadang-kadang orang tidak sadar melakukan hate speech itu. Sebenarnya penggunaan internet di zaman sekarang ini sangat diperlukan untuk menunjang keperluan manusia dalam mendapatkan suatu informasi global, bertukar kabar, pendapat, dan pikiran, at least you can share something like your article or your creation, absolutely in positive though. 

   Sebelum terlalu jauh, aku mau nge-review tentang arti hate speech itu apa? For understanding when you read this article we can equate our perception. Hate speech adalah suatu perkataan, perilaku, ataupun tulisan yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok dimana itu mengandung provokasi, hasutan, bahkan hinaan kepada individu ataupun kelompok dari berbagai aspek seperti suku, ras, agama, gender, warna kulit, kewarganegaraan dan lain sebagainya.

   Pada masa lampau, hate speech ini marak digunakan untuk mengkritik para politikus yang sudah melenceng dari jalan yang seharusnya. But now, you can realize that hate speech udah marak beredar di media sosial dimanapun. I think mungkin karena di zaman sekarang ini freedom of speech udah dianggap biasa di media sosial manapun sehingga semua orang mengganggap hal itu biasa terjadi. Sekarang ini kita juga tahu udah banyak fasilitas-fasilitas menulis yang cepat dan mudah, dan bisa langsung di baca oleh banyak orang, tanpa disaring terlebih dahulu dampak yang akan ditimbulkan.

    Dalam UU ITE pasal 27 yang berbunyi, "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik." dalam UU tersebut udah jelas tentang pengaturan tulisan yang berkaitan dengan cara kita menyebarkan informasi melalui internet. 

Di medsos sekarang ini hate speech sering muncul, bahkan hanya ke hal-hal yang kecil aja, misalnya kita tidak puas dengan pelayanan suatu perusahaan ataupun organisasi, lantas sehabis itu muncul hinaan kepada perusahaan itu. I think it's insane ketika manusia atau perusahaan itu melakukan kesalahan. We are human beings with certain limitations, mungkin pada saat itu sedang kecapekan karena seharian bekerja, atau sedang banyak pikiran. So, please jangan melihat manusia itu dari satu sisi.

     Bahkan sering kita temui sekarang ini adalah comment di medsos yang sering kali tidak berlandaskan kesopanan. Walaupun kita tidak kenal seseorang yang kita comment, tapi akan lebih baik kita menjaga tali silaturrahmi kita sesama manusia. Dan untuk negara kita yang menjunjung asas demokrasi dimana semua orang bebas mengungkapkan pendapatnya. Hey c'mon bung, jangan salah kaprah dengan sesuatu hal yang memberikan kita ruang dan kesempatan. Seharusnya kita yang malah bisa menjaga kesopanan kita, attittude kita dalam berpendapat, agar demokrasi itu bisa berjalan dengan selayaknya. 

    Sekarang juga banyak akun-akun medsos yang terkadang itu bisa menjadi sarana sebagai pembunuhan karakter. Hal itu bisa terjadi karena sesungguhnya apa yang dimuat di medsos tidak 100 persen reality. Beruntung jika yang membaca atau yang melihat itu orang yang open minded sehingga bisa memilah mana yang seharusnya menjadi konsumsinya. Dan jika tidak, hal tersebut bisa memunculkan berbagai opini-opini yang pada akhirnya akan menjadi hate speech.

   Kadang miris melihat hal tersebut, kita tahu manusia adalah banyak kekurangan. When you make a critic to some people, please do it in right way. Jangan langsung nerobos aja di medsos. Hal tersebut juga bisa membuat hate speech ini semakin merajalela. 

   Dampak yang ditimbulkan pun sangat beragam, mulai dari gunjingan, merasa bersalah, malu dan mungkin yang serius bisa masuk ke ranah hukum. Jadi ketika seseorang itu berpendapat akan lebih baik dia melihat dari berbagai aspek. Jangan sampai muncul hate speech yang dapat merugikan diri sendiri.

   Hate speech juga bisa berujung pada hal yang tidak baik, seperti fitnah. Hal tersebut bisa terjadi apabila ucapan atau tulisan kita tidak berlandaskan apa yang seharusnya. Hati-hati dengan hal ini, guys. Bisa jadi hal ini menjerumuskan kita ke hal-hal yang tidak baik.

  Nah, bedanya hate speech dengan umpatan adalah kalau hate speech itu ranahnya lebih luas dan menyangkut beberapa aspek, sedangkan umpatan itu hanya dalam lingkup kecil. Exemple for hate speech such a mengomentari tentang baju sekarang ini yang dirasa kurang sopan, mengkritik tanpa batasan, etc. Sedangkan umpatan lebih ke diri kita sendiri dan hanya singkat, seperti *maaf sebelumnya* tomat, pisang, and another name of animal. Akan tetapi, keduanya sama-sama bukan positive speech. And better to get away from those.

   Untuk itu, seiring dengan berkembangnya teknologi, jangan pernah mau dibodohi oleh kemudahannya. Banyak hal yang bisa kita hargai di dunia ini. Jangan pernah merasa dunia ini sempit  dan hanya berkutat pada satu aspek saja. Berfikirlah bahwa dunia ini jauh lebih indah dengan keberagaman. 

   I think sekian tentang hate speech. Semoga bisa memberi manfaat kepada banyak orang. Bukan bermaksud menggurui atau apa, but I want a better world. Hidup ini indah jika kita bisa tertawa bersama-sama.



Thanku and wassalammu'alaykum warohmatulahi wabarokatu.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer